Cara Root dan Unroot Semua Tipe HP Android Tanpa PC



Androiddevil.com - Banyak aplikasi yang sekarang mensyaratkan hp android di root terlebih dahulu sebelum bisa menggunakannya. Hal tersebut diperlukan karena aplikasi tersebut membutuhkan hak admin atau root untuk bisa mengubah atau memodifikasi file sistem. Dimana file tersebut tidak akan bisa diakses jika smartphone android dalam keadaan normal. Atau dengan kata lain dengan men-root handphone, maka pengguna bisa memiliki akses tak terbatas dari androidnya. Dan disini saya akan membahas Cara Root dan Unroot Semua Tipe Hp Android Tanpa Pc. Agar anda bisa menggunakan aplikasi-aplikasi yang memang membutuhkan root untuk bisa menggunakannya.

Sekarang untuk bisa melakukan root sudah lebih mudah, tidak perlu lagi menggunakan komputer. Karena sudah banyak developer android yang membuat aplikasi untuk melakukan root langsung dari handphone. Jadi tinggal klik dan android anda sudah dalam keadaan Rooting. Dan salah satu aplikasi yang bisa memudahkan untuk melakukan root yaitu Framaroot. Sebenarnya banyak aplikasi lain yang serupa tapi saya lebih memilih Framaroot karena cara penggunaannya yang mudah dan sudah banyak gadget android yang support.

Tapi sebelum kita membahas lebih lanjut tentang cara root atau unroot android, mari kita cari tahu terlebih dahulu apa kelebihan dan kekurangan jika anda memilih untuk melakukan root. Agar tidak menyesal di kemudian hari.

Apa Kelebihan Root Handphone Android?
  • Dengan melakukan rooting anda bisa memiliki akses tak terbatas pada file sistem, sehingga akan banyak fitur baru yang bisa anda coba.
  • Menghapus Aplikasi bawaan dari vendor, sehingga bisa mempercepat kinerja dan menghemat baterai (Baca: Cara Menghemat Baterai Android Dengan Greenify).
  • Melakukan backup pada aplikasi dan sistem yang dianggap penting, sehingga ketika ada masalah pada handphone dan mewajibkan untuk mereset atau instal ulang. Maka kita tidak perlu mendownload ulang aplikasi.
  • Instal Custom Rom (Rom yang sudah dimodifikasi dengan tampilan baru dan fitur baru).
  • Melakukan OverClock Prosesor untuk mempercepat kinerja ponsel, dan masih banyak lagi lainnya.
Apa Kekurangan Jika Men-Root Handphone Android
  • Garansi akan hilang, karena vendor memang tidak mengizinkan untuk mengacak-acak file sistem. Tapi itu bisa diatasi dengan men-Unroot kembali handphone anda.
  • Jika ada yang salah ketika kita mengedit file sistem atau secara tidak sengaja menghapus salah satunya. Maka bisa berakibat handphone mengalami kegagalan pada saat booting. Sehingga android anda harus di instal ulang.
  • Handphone yang sudah di root rentang terhadap virus dan malware, karena kita telah memberikan izin penuh terhadap aplikasi untuk mengakses file sistem. Jadi jangan sembarangan memberikan hak akses root pada aplikasi. Dan selalu instal aplikasi dari sumber terpercaya.
Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan jika melakukan root terhadap android. Apakah anda sudah siap untuk melakukan rooting? Mungkin ada dari kalian yang jadi ragu setelah mengetahui dampaknya. Tapi saya yakinkan untuk anda bahwa akan lebih banyak fitur yang bisa anda nikmati jika melakukan root dan dampaknya juga bisa diminimalisir jika anda berhati-hati dan tidak teledor.

Cara Root Semua Tipe Hp Android dengan Framaroot:
  1. Download dan instal framaroot terlebih dahulu. Download Disini
  2. Buka dan jalankan aplikasi framaroot.
  3. Di pilihan "Select an action to execute after root" pilih "Install SuperSU"
  4. Pilih salah satu exploit yang akan digunakan untuk me-root. Pilihan yang tersedia adalah Aragorn dan Gandalf. Pilih yang mana saja. 
  5. Jika exploit gagal maka pesannya adalah "Failed :-( ... Try another exploit if available (Error #7)". Itu artinya exploit yang anda pilih tidak support sehingga anda harus memilih pilihan exploit lain yang tersedia.
  6. Jika berhasil maka pop up yang tampil adalah "Success :-) ... Superuser and su binary installed. You have to reboot your device". Restart ponsel anda dan android anda sekarang sudah dalam keadaan root.
Cara Unroot Semua Tipe Hp Android dengan Framaroot:
  1. Buka dan jalankan aplikasi framaroot.
  2. Di pilihan "Select an action to execute after root" pilih "Unroot".
  3. Klik salah satu exploit yang tersedia Aragorn/Gandalf.
  4. Jika Unroot gagal maka akan tampil pop up "Failed :-( ... Try another exploit if available (Error #7)". Berarti exploit tidak support, pilih exploit lainnya
  5. Jika berhasil akan muncul pop up "Unroot done!". Dan android anda sudah dalam keadaan tidak ter-root.
Frequently Asked Questions (FAQ)

Q: Bagaimana cara mengetahui android yang sudah berhasil di root?
A: Untuk mengecek apakah handphone sudah ter-Root, anda bisa menggunakan aplikasi Root Checker yang bisa di download dari Google Play.

Q: Apakah framaroot bisa digunakan untuk prosesor berbasis intel?
A: Framaroot belum support untuk prosesor intel. Jadi yang menggunakan Asus yang berbasis intel bisa melihat artikel sebelumnya tentang Cara Root Asus Zenfone 5 KitKat dan Cara Root Asus Zenfone 4

Q: Kok baru buka framaroot langsung muncul pesan "Your device seems not vulnerable to exploit included in Framaroot"?
A: Itu berarti handphone anda tidak support untuk root menggunakan aplikasi framaroot, coba cari aplikasi lain.

Q: Kenapa aplikasinya langsung keluar ketika saya memilih salah satu exploit.
A: Buka kembali aplikasinya dan pilih exploit lainnya. Jika hal yang sama tetap terjadi berarti handphone anda tidak support.

Q: Kenapa pada saat saya memilih exploit, aplikasi framaroot jadi Crash/Freeze?
A: Buka kembali aplikasinya dan pilih kembali exploit yang anda coba sebelumnya.

Q: Kenapa pada saat saya memilih salah satu exploit, pop up yang muncul "Half Success"?
A: Ini terjadi karena file system digunakan oleh system partition dan terbaca Read Only. gunakan trik local.prop. Restart HH/HP anda dan gunakan adb untuk melihat apakah android anda berhasil di root".

Demikian artikel kali ini tentang Cara Root dan Unroot Semua Tipe HP Android Tanpa PC. Semoga bisa membantu bagi yang sebelumnya kebingunan untuk melakukan rooting pada handphonenya.

1 Response to "Cara Root dan Unroot Semua Tipe HP Android Tanpa PC"

  1. artikel yang sangat bermanfaat sekali gan, terimakasih...
    solder uap

    BalasHapus